Communication Skill

Communication Skill

Communication Skill

Communication skill sebagai kemampuan yang harus dielajari dengan banyak bagian penting di dalamnya seperti kemampuan mendengarkan empati, percaya diri, dan berpikiran terbuka.

Macam-macam  Communication Skill yang Harus Dikuasai

Communication Skill sangat bermanfaat dalam banyak aspek kehidupan. Baik itu dalam bermasyarakat, pekerjaan, hingga dalam organisasi. Karena hal itulah, tak heran jika banyak yang mencari pelatihan-pelatihan tentang skill tersebut.

Berbagai Communication Skill yang Bermanfaat dalam Kehidupan

Ada beberapa macam Communication Skill yang memberi manfaat dalam kehidupan. Khususnya dalam pencapaian karir dan dunia sosial. Beberapa diantaranya ialah :

  • Kemampuan mendengarkan orang lain

Mendengar dalam hal ini ialah memahami yang merupakan salah satu skill yang bisa dipelajari. Terlebih baik seorang atasan atau pimpinan, maka kemampuan mendengar harus dimiliki. Skill ini akan menjadi ujung tombak bagi komunikator yang baik.

Jadi, mulailah luangkan waktu untuk mendengar orang lain. Karena melatih menjadi pendengar yang baik bukanlah hal mudah, meskipun terlihat sepele. Pelatihan dengan sistem dan juga materi yang professional akan membantu penguasaan skill lebih kompeten.

  • Komunikasi nonverbal

Komunikasi bukan hanya lewat ucapan dan kata-kata saja. Ada pula istilah komunikasi nonverbal yang merujuk pada bahasa tubuh. Dalam hal ini termasuk pula gerakan tangan dan gerakan mata. Semuanya perlu dipelajari untuk menyempurnakan Communication Skill yang dimiliki.

Hal ini menjadi sangat penting agar maksud yang diinginkan bisa tersampaikn. Nada suara dan juga bahasa tubuh bisa mempengaruhi pesan yang disampaikan.

  • Kejelasan

Pesan yang disampaikan harus jelas diterima penerima. Terlalu sedikit atau terlalu banyak berbicara akan tidak efektif dalam berkomunikasi. Maka mulailah meringkas pesan yang akan disampaikan. Baik itu pesan yang ingin diucapkan secara lisan, email, maupun pesan tertulis lain.

Hal-hal sederhana tersebut ternyata juga perlu dipelajari dengan pelatiahn intensif. Terlebih bagi orang yang selalu berhubungan dengan banyak orang, baik klien, rekan bisnis maupun lingkungan sosial dan organisasi.

  • Percaya diri

Kata percaya diri tersebut mudah diucapkan namun sangat sulit diterapkan. Karena hal itulah, maka untuk membentuk kepercayaan diri, seseorang butuh training dan pelatihan. Percaya diri penting dalam setiap aspek kehidupan., termasuk pula dalam karir.

Karena manusia tak akan pernah lepas dari interaksi dengan orang lain, jalinan komunikasi yang baik akan menciptakan nuansa yang nyaman dan juga kondusif. Namun rasa percaya diri tak harus dimunculkan dalam kesan yang mendominasi atau arogan. Sampaikan dengan lebih luwes dan ramah. Pelatihan Communication skill bisa membantu siapa saja dalam meningkatkan rasa percaya diri dalam konteks yang tepat.

  • Rasa empati

Ternyata rasa empati juga bisa dilatih. Rasa ini bisa merupakan salah satu skill dalam komunikasi. Salah satu manfaatnya ialah untuk menunjukkan persetujuan pada pendapat yang disampaikan atasan atau rekan kerja. Anda perlu memahami dari sudut pandang mereka tentang poin yang disampaikan.

Ungkapan-ungkapan sederhana dapat membuat orang lain terkesan dan menunjukkan bahwa Anda adalah pendengar yang baik. Maka dari itu, mulailah berlajar empati agar sukses dalam karir dan juga kehidupan masyarakat.

  • Berpikir terbuka

Siapapun bisa menjadi komunikator yang baik. Salah satu cirinya ialah harus memiliki pikiran terbuka. Dengan memiliki kemampuan ini, maka komunikator akan bisa menjembatani dalam percakapan dengan pikiran fleksibel dan terbuka.

Memahami, mendengarkan dan menyampikan pesan jadi lebih mudah jika memiliki kemampuan ini. Seperti halnya kemampuan komunikasi lain, berpikir terbuka juga bisa dipelajari.

Itulah beberapa contoh Communication Skill yang bisa dipelajari. Dengan adanya materi dan metode khusus maka siapapun bisa menjadi komunikator yang handal. Selanjutnya akan membawa pengaruh positif dalam kehidupan, termasuk dalam pekerjaan atau kehidupan sosialnya.